Profil BDLHK Kupang

        Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kupang (BDLHK Kupang) adalah salah satu unsur penunjang pelaksanaan tugas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di bidang pendidikan dan pelatihan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kehutanan. Sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.16/Menlhk/Setjen/OTL.0/1/2016 tanggal 29 Januari 2016, BDLHK Kupang memiliki tugas menyelenggarakan diklat bagi aparatur dan non aparatur dibidang lingkungan hidup dan kehutanan. Wilayah pelayanan BDLHK Kupang terdiri dari 3 provinsi yaitu Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur dengan jumlah instansi layanan mulai dari tingkat propinsi, kabupaten/kota dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kementerian LHK.

Dalam pelaksanaan tugas tersebut, BDLHK Kupang menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusunan rencana, program dan anggaran diklat,
  2. Pelaksanaan diklat,
  3. Kerjasama diklat,
  4. Pengelolaan sarana dan prasarana diklat,
  5. Pengelolaan hutan diklat,
  6. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan diklat,
  7. Pelayanan data dan informasi pengembangan sumberdaya manusia lingkungan hidup dan kehutanan,
  8. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga.

      Dalam rangka menyelenggarakan tugas dan fungsinya, BDLHK Kupang sampai awal tahun 2022 didukung oleh sumberdaya manusia sebanyak 55 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS), 7 orang tenaga outsourcing, 19 tenaga kontrak, dan 2 orang tenaga bakti rimbawan.

         BDLHK Kupang berlokasi di 3 (tiga) tempat yaitu KHDTK Mapoli Kupang, KHDTK Sisimeni Sanam dan KHDTK Bu’at So’E. Sarana dan prasarana yang dimiliki merupakan penunjang dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran diklat. Kapasitas sarana dan prasarana diklat BDLHK Kupang disajikan pada tabel berikut:

contact:
Jln. Alfons Nisnoni (BLK), Kelurahan Naikoten 1, Kecamatan Kotaraja, Kota Kupang – NTT 85118

Bdk Koe

bdlhk_kupang

Balai Diklat LHK Kupang

  bdlhk_kupang

  bdkkupang@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top